Adsense Link 728 X 15;

Proses Pembuatan Cast Piston dan Forging Piston

Posted by Life Story 03/03/12 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Dikenal dua jenis piston,yaitu cast piston dan forged piston .Cast piston itu dibuat melalui alumunium yang didihkan,, kemudian cairan alumunium tersebut,dibentuk sesuai cetakan,Setelah itu piston tersebut dilepaskan dari cetakan,dan siap untuk digunakan.

Sekarang Kita cermati cara membuatnya. Mulai dari Cast piston dulu ya!



 Bahan baku dari lempengan aluminium.meski dibuat menggunakan proses casting tapi didukung bahan berkualitas. Agar hasilnya lebih kuat sesuai pesanan pabrikan motor. Bahan lempengan aluminium dipanaskan sampai mencair. Titik didihnya lumayan tinggi.


Aluminium cair kemudian dimasukkan ke dalam cetakan menggunakan cawan. proses cetak tidak hanya mengandalkan gravity, tapi juga dibarengi dengan tekanan. Supaya hasilnya kuat.

Hasil dari proses pencetakan bentuknya masih seperti kue apem yang perlu diproses machining dengan mesin bubut CNC. Proses pembentukan piston menggunakan mesin CNC sehingga sampai sempurna. Ukurannya sampai benar-benar presisi dari mulai lubang pen, lubang oli dan alur ring piston.


Hasil dari proses finishing cast piston. Badan piston masih lebar kuat namun jadi banyak bidang geseknya dengan dinding liner. Bentuknya masih tebal sehingga berat. Putaran mesin jadi terbebani.



Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar